Pages

Jumat, 19 Desember 2014

Kesalahan Yang Dilakukan Pebisnis Muda Dalam Mengatur Keuangan


Usia muda bisa menjadi saat yang sangat tepat untuk memulai hal yang berguna untuk masa depan kita. Saat masih muda kita memiliki lebih banyak energi dan semangat untuk mengeluarkan ide-ide positif dan juga kreatif untuk menjadikan kita sebagai seorang yang produktif. Di usia muda, kita bisa mempelajari banyak hal dan juga pengalaman serta dapat mulai merintis karir kita dalam dunia bisnis.

Meski kita sudah bisa memulai untuk berbisnis di usia muda. Sangat diperlukan keahlian dalam menjalaninya terutama dalam mengelola keuangan. Oleh karena itu kita harus cermat dalam melakukan kebijakan untuk perkembangan bisnis kita.

Berikut adalah kesalahan harus bisa kita hindari dalam mengatur keuangan untuk menjalani bisnis kita:

1. Mengeluarkan Investasi yang Terlalu Besar

Banyak sekali pengusaha muda yang ingin menampilkan kesan profesional dengan menyewa toko atau bahkan ruang kerja yang mewah sehingga dapat menguras isi kantong. Alangkah lebih baiknya jika modal yang telah disiapkan untuk meningkatkan jumlah dan mutu produk dan juga memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan.

2. Lupa Memperhitungkan Hal-Hal Buruk

Menjadi seorang pengusaha berarti anda siap masuk ke dalam dunia yang penuh resiko. Anda harus mempertibangkan hal-hal yang tidak diinginkan dalam mengambil langkah-langkah atau dalam menetapkan strategi bisnis kita. Kita bisa menggunakan jasa asuransi untuk menjaga bisnis kita dari hal buruk yang sangat mungkin terjadi.

3. Mencampurkan Aset Pribadi Untuk Kepentingan Bisnis

Pebisnis muda yang mengalami kendalam modal sering menggadaikan aset pribadi seperti rumah pribadi atau rumah orang tua sebagai jalan keluar bagi kepentingan bisnis. Hal ini seharusnya kita hindari, dan lebih baik memilih untuk menggadaikan aset bisnis. Menurut Lynn Mayabb, konsultan keuangan senior di Kansas, saat kreditor menyita aset bisnis kita karena kita tak mampu melunasi cicilan maka kita tak akan terkena dampak penyitaan secara personal. Sehingga kondisi keuangan pribadi kita bisa lebih aman dan aset pribadi tidak terganggu.

4. Banyak Menggunakan Kas Bisnis

Sangat menyenangkan bila kita mendapatkan keuntungan besar pada saat awal-awal memulai bisnis. Tapi hati-hati, ini bisa saja menjadi boomerang untuk kita sendiri bila kita tidak mengatur pengeluaran. Banyak orang ketika mendapatkan untung banyak langsung beli barang-barang bagus yang tidak berguna untuk bisnis. Tapi dalam dunia bisnis, penghasilan anda tidak akan selalu konstan. Kadang bisa naik, kadang bisa turun.

Jadi alangkah baiknya andai kita bisa memanfaatkan keuntungan untuk mengembangkan bisnis kita sehingga bisniss bisa lebih besar dan juga bisa memberikan penghasilan yang lebih besar.

Demikian beberapa hal yang harus kita hindari dalam berbisnis sebagai pemula. Semoga bermanfaat dan komentar dari pembaca sangat ditunggu. /frh

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar